Rabu, 29 Maret 2017

JEJAK AWAL DI LAWANG SEWU

lawang sewu - mrdimas - dimas anom pambudi - lawang sewu semarang
Lukisan Mozaik
Jejak awal dalam sebuah perjalanan, setiap sesuatu pasti membutuhkan sebuah awal mula. Bagaimana awal adalah sebuah langkah pertama dan mulai adalah suatu hal yang mendasari terjadinya sesuatu. seperti pepatah kuno "Lǚxíng qiānlǐ zǒng shì shǐ yú zúxià"  (perjalanan seribu mil selalu dimulai dengan langkah awal).
Sudah lama sekali saya ingin berbagi pengalaman dalam setiap jejak kaki saya. Di tahun ini saya diberikan semangat lebih untuk menceritakan dan mendokumentasikan setiap jejak kaki saya. saya bersyukur dan berterimakasih telah memberikan semangat baru. Memberikan gairah hidup untuk kembali melangkah. Semoga semangat itu akan selalu ada dan menemani disetiap jejak langkah kaki ini. Tepat hari ini pertama kalinya Saya melihat dunia dan dihari ini pula pertama kalinya saya menceritakan jejak kaki saya di blog. saya berharap semoga ini adalah awal jejak pertama saya untuk melakukan perjalanan-perjalanan berikutnya. karena saya punya keinginan untuk melangkahkan jejak kaki saya lebih jauh, melihat lebih banyak, dan mendengar lebih luas tentang alam ini.


Lawang Sewu dari kejahuan

Lawang Sewu waktu malam hari
Ini bukan pertama kalinya saya menginjakan kaki di kota Semarang. karena saya melanjutkan pendidikan S1 saya disini. jadi cukup lama saya tinggal di kota ini. Kalau berbicara tempat wisata yang terkenal di kota Semarang adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu ini merupakan sebuah bangunan kuno peningalan jaman Belanda yaitu dibangun pada 1904. Semula gedung ini untuk kantor pusat perusahaan kereta api (trem) penjajah Belanda atau Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS). Gedung tiga lantai bergaya art deco (1850-1940) ini karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Lawang sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan pemuda. 

lawang sewu semarang - mrdimas - dimas anom pambudi - jejak awal di lawang sewu
Halaman depan Lawang Sewu dan papan denah lokasi Lawang Sewu

Nama Lawang Sewu berasal dari bahasa jawa dengan kata "Lawang" yang berarti pintu dan "sewu" yang berarti seribu, jadi secara istilah Lawang Sewu berarti bangunan yang memiliki pintu sebanyak seribu. Sebenernya jumlah pintunya tidak mencapai seribu (berdasarkan data yang ada jumlah pintunya 342 buah). Namun karena jumlahnya sangat banyak tersebut bukanlah murni pintu, melainkan jendela. karena bentuk jendela itu sangat lebar, maka banyak orang yang berasumsi itu adalah pintu. 


lawang sewu semarang- dimas anom pambudi - mrdimas - dimas
diantara pintu - pintu

Lawang Sewu merupakan kantor pertama perkeretaapian di Indonesia mulai bersolek dan berbenah pada tahun 2003. Sebelumnya hampir 16 tahun bangunan yang menjadi saksi bisu peristiwa pertempuran lima hari di Semarang tahun 1945 ini dibiarkan mangkrak tak terawat  hingga dikenal menjadi bangunan angker, kesan angker memang melekat pada Lawang Sewu tapi sekarang kesan itu semakin memudar dikalangan masyarakat karena Lawang Sewu dilakukan pemugaran yang memakan waktu cukup lama. Akhirnya selesai pada akhir Juni 2011 dan kembali dibuka untuk umum setelah pada tanggal 5 Juli 2011 diresmikan oleh Ibu Negara Ani bambang yudhoyono. Ya, Lawang Sewu sekarang kelihatan cantik dibandingkan pertama kalinya saya menginjakan kaki di kota Semarang, PT kereta api merawat dan mengelola dangan menjaga keaslian dan keutuhan bangunan. Bangunan peninggalan Belanda yang tersohor dan sudah dinyatakan menjadi warisan budaya cagar alam atau herritage dunia. Lawang Sewu menjadi tempat wisata faforit di kota Semarang. Bagi kalian yang berkunjung ke Semarang jangan sampai melewatkan tempat wisata Lawang Sewu ini. oh... iya, Lawang Sewu dibuka untuk pengunjung 07.00 - 21.00 wib, tiket masuk ke Lawang Sewu cukup relatif murah untuk dewasa Rp. 10.000,- anak-anak usia 3 - 12 th dan untuk pelajar Rp. 5.000,-. Sebenarnya di kawasan Lawang Sewu ini ada jasa pemandu untuk menjelaskan secara formal sejarah Lawang sewu. tapi kali ini saya tidak memakai pemandu. biaya untuk pemandu disini relatif bervariatif tergantung pemandu dan negoisasinya pastinya heheh. 


Lawang Sewu


lawang sewu, mrdimas
Tangga ke lantai 2
Bangunan di kawasan Lawang Sewu ini ada 4 gedung A - B - C - D. Bangunan utama Lawang sewu berupa tiga lantai bangunan yang memiliki dua sayap membentang ke bagian kanan dan kiri, semua struktur bangunan pintu dan jendela mengadaptasi gaya arsitektur Belanda. Dengan segala keeksostisan dan keindahannya. Lawang Sewu ini merupakan salah satu tempat yang indah untuk dijadikan objek fotografi. 


lawang sewu, mrdimas
Tangga menuju lantai 2 Lawang Sewu
Karna saya tidak banyak waktu untuk menikmati bangunan bersejarah ini. saya langsung bergegas mengelilingi bangunan tua itu mulai bangunan utama. Kenapa saya langsung menuju bangunan utama karena saya ingin melihat kaca mozaik yang cukup terkenal itu. Di bangunan utama diantara tangga terdapat kaca mozaik besar yang bergambar dua wanita muda Belanda yang terbuat dari gelas. sayang sekali kalau saya tidak mengabadikan spot sebagus ini. 


Beberapa ruangan di Lawang sewu ini juga sekarang disewakan untuk acara-acara seperti resepsi pernikahan, pesta ulang tahun, acara gathering kantor, dll. Bahkan ada juga yang melakukan foto pre-wedding. Di dalam gedung B ada ruang bawah tanah pada awalnya adalah untuk mendinginkan gedung dengan cara mengisi air di dalam ruang bawah tanah tersebut. Namun pada masa penjajahan ruang bawah tanah ini digunakan untuk menyiksa tawanan. Banyak tawanan yang meninggal dunia saat penyiksaan di ruang ini, saya dulu pernah sekali masuk ke ruang bawah tanah ini. saya hanya menantang adrenalin saya sejauh mana saya bisa melawan rasa takut dan menjawab rasa penasaranku tentang ruang bawah tanah ini. saya masuk kedalam ruang bawah tanah ini pada malam hari waktu itu aaaarrrggghhtt kalian bisa merasakan bagaimana seremnya. Apalagi dengan cerita - cerita mistis yang ada didalamnya. Sebelum kalian memutuskan untuk masuk keruang bawah tanah sebaiknya siapkan mental terlebih dahulu. Tidak lucu juga kalau setengah perjalanan kita melambaikan tangan (menyerah) kemudian meminta pulang heheh. Sebelum masuk ada perelatan yang harus kita pakai karena di bawah lembab dan ada air yang tergenang, kita diwajibkan memakai sepatu bott, lampu senter yang sudah disiapkan oleh pemandu. Langkah demi langkah bulu kuduk saya berdiri melewati lorong demi lorong yang gelap,  ini akan jadi pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan.


mrdimas, lawang sewu
diantara lorong lawang sewu
Di gedung C yang saat ini berfungsi sebagai museum kereta api beberapa material dan barang barang yang digunakan untuk membangun Lawang Sewu. Batu bata yang diimpor dari Belanda, campuran semen yang digunakan, pelapis cat kayu dll. Gedung D saat ini berfungsi sebagai kantor pengelola Lawang Sewu. 


dimas anom pambudi - lawang sewu - mrdimas
didalam ruangan Lawang Sewu
Lawang Sewu yang menjadi icon kota Semarang ini adalah pertama saya. Saya berharap akan ada jejak jejak selanjutnya untuk mengetahui sejarah dan menikmati. Mengagumi alam ini lebih banyak lagi. mengukir pengalaman-pengalaman yang sangat berharga di setiap perjalanan.


lawang sewu semarang - mrdimas - dimas anom pambudi - lawang sewu - dimas
Di bagian depan Lawang Sewu untuk beristirahat



7 komentar:

  1. Sudah lama saya pengen ke Lawang Sewu. Lihat post ini saya makin pengen ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diagendakan mas edy... Dan jangan lupa nyobain ruang bawah tanahnya.

      Hapus
  2. Inilah salah satu peninggalan penjajah yang bermanfaat hehehe..andai saja semua bangunan bersejarah di indonesia di rawat dengan baik akan menambah kekuatan ekonomi maayarakat sekitar

    BalasHapus
  3. Iya betul banget mba n hidayah... Semoga bangunan sejarah yang lain bisa di optimalkan dengan baik. Terimakasih sudah mampir

    BalasHapus
  4. Sekali2nya saya ke Lawang Sewu, malahan malam hari. Serem2 asik hehe. Btw selamat utk blognya. Semoga bisa diasuh terus dan terus berbagi info2 wisata menarik

    BalasHapus
  5. Memang ada sensasi sendiri sih mas kalau kelawang sewu malam hari... Amin makasih banyak mas,

    BalasHapus
  6. http://taipan107.blogspot.com/2017/06/taipanqq-ditusuk-bagian-wajah-1-brimob.html

    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER

    BalasHapus

KUDUS KOTA KECIL DENGAN KEMEGAHANNYA

Menara Kudus Sejarah merupakan warisan dan kebudayaan yang harus dilestarikan. Banyak sekali bangunan bersejarah, Salah satunya di ...